Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2018

MEMPERKENALKAN KONSEP UANG KEPADA ANAK

Mengenalkan konsep uang kepada anak bukanlah hal yang tabu. Orang tua bahkan perlu mengenalkan konsep uang kepada anak agar ia memahami konsep uang secara benar dari orang tuanya. Dikutip dari Bussiness Insider, anak sudah dapat diperkenalkan pada konsep uang bahkan sejak usia 3 tahun. 
Mengapa perlu mengenalkan konsep uang kepada anak? 

ALTERNATIF LIBURAN KELUARGA: MENGUNJUNGI MUSEUM BATIK PEKALONGAN

Jika moms sedang di Pekalongan, sempatkanlah mampir ke Museum Batik Pekalongan. Museum yang terletak di Jalan Jatayu No. 3 Pekalongan ini menawarkan beragam pameran jenis batik mulai dari sabang sampai merauke. 

MENGHADAPI SI "TERRIBLE TWO"

Moms yang punya anak usia 2-3 tahun, ayo tunjuk tangan! Pernah tidak moms merasa susah banget rasanya menyuruh anak untuk mandi, untuk makan bahkan untuk sekedar diam sebentar saja. Apalagi sekarang si kecil sudah punya keinginan sendiri, susah dilarang tapi masih sering minta bantuan ini dan itu. Selamat datang di fase "terrible two", fase dimana si kecil mulai menghadapi peralihan perasaan antara menjadi dewasa dan ketergantungan terhadap orang dewasa.

10 TIPS PACKING PRAKTIS KETIKA TRAVELING DENGAN SI KECIL

Bepergian dengan keluarga tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan. Menghabiskan waktu berkualitas dengan liburan dapat menyegarkan pikiran dan mempererat hubungan keluarga. Namun bepergian dengan keluarga bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk urusan packing kebutuhan selama menginap. 

AGAR ANAK MANDIRI DAN BERDAYA

Kadang saya membayangkan, apa yang akan dihadapi oleh anak-anak saya kelak di masa depan. Melihat era sekarang saja sudah penuh dengan persaingan, dimana dibutuhkan pribadi yang tangguh, tidak mudah menyerah dan memiliki kemampuan. Mungkin kelak apa yang akan dihadapi oleh anak-anak saya akan lebih ketat lagi. 

MOM'S STORY: TRIP KE KL DENGAN SI KECIL

Perjalanan ke Kuala Lumpur ini sebetulnya sudah lumayan lama sih, kira-kira setahun yang lalu. Waktu itu umur kakak 1 tahun 3 bulan. Ini bukan perjalanan yang direncanakan sebetulnya. Kebetulan suami sedang tugas training dan kami berdua pun ikut untuk liburan. Sempat harap-harap cemas bisa ikut atau enggak, karena waktu itu baru bikin paspor kurang dari 2 minggu sebelum keberangkatan. Saya sampai kena marah sama petugas imigrasi karena ternyata saya seharusnya memperbarui paspor bukan bikin baru lagi. 

TIPS AGAR KEUANGAN KELUARGA TIDAK JEBOL

Pernahkah moms merasa sulit mengatur keuangan keluarga? Merasa penghasilan setiap bulan kurang? Apakah moms membuat perencanaan keuangan keluarga?  Tahukah moms bahwa membuat perencaan keuangan keluarga sangatlah penting. Dengan membuat perencanaan keuangan keluarga, moms dapat mengontrol arus keluar masuk keuangan dan menjadi pengingat pengeluaran, sehingga moms dapat terhindar dari "besar pasak dari pada tiang".
SEBENARNYA, APA PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA ITU? 

PERSIAPAN PENTING SEBELUM PERSALINAN

Sebagai ibu yang menantikan kelahiran buah hati, pasti perasaan moms bercampur antara semangat, deg-degkan dan bahagia. Membayangkan kehadiran buah hati yang akan mewarnai hari-hari moms dan kesibukan yang akan moms lalui bersama si kecil membuat moms merasa harus mempesiapkan semuanya dengan baik. Memang ada baiknya sebelum moms pergi ke rumah sakit, moms sudah menyiapkan segala keperluan untuk persalinan nanti.

BANYAK ATAU SEDIKIT ANAK?

Suatu hari disebuah perhelatan keluarga.. 
"Anakmu berapa? ", tanya seorang kerabat senior "1 tante, Insya Allah mau 2" "Anakmu yang mana to? ", saya pun menunjuk kakak yang waktu itu usianya belum genap 2 tahun.  "Oalah.. Abis ini udah aja ya.. Repot ngurusnya. Anak sedikit atau anak banyak, nanti jg kalo udah gede pada pergi semua. Mending 2 aja biar enggak repot". Saya pun cuma bisa nyengir. Ditengah ketidaksetujuan saya,  saya toh tetap perlu menjaga sopan santun. 
Mengurus dua anak tentu lebih repot dari mengurus 1 anak, apalagi mengurus 3,4 dan seterusnya anak. Bagi seorang ibu, mengurus dan mendidik anak butuh kewarasan. Tentu saja, semakin banyak anak, semakin butuh lebih banyak stok kewarasan. Hal ini sangat penting, karena ketika moms merasa bahagia tentu moms bisa menjalankan peran sebagai ibu dengan lebih optimal. Mengurus anak pun jadi lebih sabar dan anak-anak pun lebih bahagia. 

PUDING ROTI

Makanan ini jadi andalan banget buat ibu saya dari zaman dulu, karena bahannya mudah didapat. Kadang mamah sengaja buat puding ini untuk menghabiskan sisa roti yang enggak termakan sejak Kemarin, hehe. Kalau mamah sudah buat puding roti ini, hmm.. Saya dan saudara-saudara saya langsung girang banget dan dijamin pudingnya akan ludes dalam waktu singkat. Kalau yang difoto ini adalah replikasi dari resep mamah. Kira-kira begini resepnya:

SETIAP EMAK BERHAK BERMIMPI

Siang ini saya tertegun melihat timeline FB, senior saya yang hanya terpaut 1 tahun baru saja menerbitkan buku keduanya. Baru kemarin juga saya melihat di instagram, salah satu junior saya malah, membuat sebuah program penggalangan baju muslim dan hijab layak pakai untuk dibagikan kepada ibu2 di daerahnya. Belum lagi kemarin ini, saya dibuat takjub dengan teman seangkatan saya yang kembali sekolah mengambil S2 setelah belum lama melahirkan anak kedua atau teman saya yang lain lagi, yang bisnis onlinenya kian hari kian sukses, hingga ia kewalahan dan sedang mencari pegawai untuk membantunya. Lalu, saya sendiri sudah berbuat apa?