PERSIAPAN PENTING SEBELUM PERSALINAN


Sebagai ibu yang menantikan kelahiran buah hati, pasti perasaan moms bercampur antara semangat, deg-degkan dan bahagia. Membayangkan kehadiran buah hati yang akan mewarnai hari-hari moms dan kesibukan yang akan moms lalui bersama si kecil membuat moms merasa harus mempesiapkan semuanya dengan baik. Memang ada baiknya sebelum moms pergi ke rumah sakit, moms sudah menyiapkan segala keperluan untuk persalinan nanti.
Saat melahirkan anak pertama, saya masih sangat minim pengetahuan. Ternyata banyak peralatan yang dibutuhkan tetapi tidak terbawa. Dari pengalaman tersebut, saya mencoba merangkumkan beberapa hal yang perlu moms persiapkan sebelum pergi ke rumah sakit. Semoga bermanfaat ya moms! 
List Perlengkapan:
Selain peralatan yang moms butuhkan untuk persalinan dan pascapersalinan, moms juga perlu mempersiapkan perlengkapan administrasi, seperti:
1. Buku medik ibu
2. ‎Lembar registrasi
3. ‎Fotokopi KTP suami istri
4. ‎Hasil pemeriksaan Lab, EKG dan USG (apabila ada) 
5. ‎Surat Jaminan dari asuransi (apabila ada) 
6. ‎Uang tunai secukupnya

Selain bawaan yang perlu moms persiapkan, moms juga perlu memperhatikan persiapan lain yang tidak kalah pentingnya,  seperti:
1. Pastikan semua keperluan yang disiapkan terjangkau oleh pandangan atau sudah diletakan di kendaraan. Hal ini untuk menghindari barang yang sudah disiapkan tertinggal. 
2. ‎Jarak antara rumah dan rumah sakit. Pastikan moms dan suami sudah mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke rumah sakit dan juga kondisi jalan yang akan dilalui. Agar jika terjadi hal darurat, moms dan suami sudah memiliki persiapan. 
3. ‎Apabila ini adalah kelahiran anak kedua, pastikan keperluan kakak juga sudah dipersiapkan. Pastikan siapa orang yang akan menjaga kakak saat moms dan suami berada di rumah sakit dan kebutuhan seperti makanan dan pakaian kakak juga sudah disiapkan. 

Dengan mempersiapkan sebelumnya dengan baik, tentu akan membuat moms lebih tenang dalam menjalani persalinan nantinya. Moms dapat lebih fokus menjalani proses persalinan dan terhindar dari stress. 


Selamat menjalani persalinan ya moms! 

Picture Resource: Momtricks

Komentar

Postingan Populer

Social Network