5 REKOMENDASI CHANNEL YOUTUBE UNTUK ANAK

Mengenalkan gadget kepada buah hati memang perlu cermat dan hati-hati. Karena gadget bisa menjadi pisau bermata dua kalau orang tua tidak bijak mengenalkannya pada anak. Saya pribadi termasuk orang tua yang berusaha proporsional dalam mengenalkan gadget kepada anak saya. Saya tetap mengizinkan anak saya untuk menggunakan gadget, meskipun dengan waktu dan konten yang terbatas serta dengan pendampingan.
Alasan saya memberikan gadget kepada anak karena di era digital sekarang ini anak tetap perlu mengetahui perkembangan yang ada. Bagi saya  lebih baik anak mengenal gadget dari orang tuanya dibandingkan anak mengenal gadget dari hasil eksplorasinya sendiri atau dari teman pergaulannya. Karena risiko anak terpapar konten yang negatif lebih besar jika anak mengenal gadget tanpa pendampingan. 
Dalam memberikan gadget kepada anak, saya menerapkan beberapa syarat:
Pertama, memberikan gadget dengan pendampingan. Menurut saya ini menjadi catatan bagi orang tua, bahwa memberikan gadget bukan sebagai pengalihan perhatian anak tetapi gadget digunakan sebagai salah satu media untuk belajar. Dengan demikian, anak tidak dilepas sendirian dengan gadget
Kedua, memilihkan konten tontonan untuk anak. Saya biasanya mengunduh terlebih dahulu video-video yang sudah saya ketahui kontennya. Saya hanya mengizinkan anak saya untuk menonton video-video yang sudah saya unduh tersebut. 
Ketiga, batasi waktu anak dalam menggunakan gadget. Untuk meminimalisir anak ngambek saat diminta berhenti menonton, biasanya saya dan anak saya membuat perjanjian di awal sebelum menonton video. Misalnya kakak boleh menonton 5 video atau kakak boleh menonton selama 15 menit. Ajak anak untuk berkomitmen dengan perjanjian yang sudah dibuat.
Saya biasanya mengakses video dari aplikasi youtube. Dari video-video yang saya akses bersama anak saya, ada beberapa channel yang menurut saya memiliki konten yang baik bagi anak dan memiliki nilai edukasi. Berikut ini adalah beberapa channel youtube yang saya rekomendasikan untuk moms dan buah hati:
1. Runa dan Syakira

Channel youtube ini milik 2 bersaudara Runa dan Syakira. Mereka berdua sering menyanyikan lagu-lagu bertemakan islam seperti ajakan melaksanakan sholat berjamaah, tentang rukun iman, asmaul husna dan sebagainya. Menurut saya channel ini sangat bagus untuk mengenalkan nilai-nilai islam kepada anak. 
Runa dan Syakira
2. ‎Super Simple Song

Channel youtube ini berisi lagu-lagu nursery berbahasa inggris yang populer seperti abc, hokey pokey, itsy bitsy spider dan sebagainya. Channel ini bagus untuk mengenalkan lagu-lagu berbahasa inggris pada anak. Dalam channel ini juga terdapat lagu-lagu yang mengajarkan kebiasaan baik pada anak, misalnya kebiasaan sikat gigi, mandi dan makan sayur-sayuran. 
Super Simple Song

3. ‎Dr. Binocs Show

Channel youtube ini berisi video pembelajaran yang dipandu oleh tokoh animasi bernama Dr. Binocs. Channel ini sangat menarik karena memberikan pengetahuan tentang banyak hal, seperti sejarah penemuan sesuatu, bagaimana fenomena alam terjadi dan sebagainya. Saya sendiri suka dengan channel ini karena banyak memberikan pengetahuan baru, bahkan untuk saya. 
Dr. Binocs Show
4. ‎GNP kids

Channel ini berisi lagu-lagu anak berbahasa indonesia dan lagu-lagu daerah. Lagu-lagu yang ada di channel ini kebanyakan lagu anak lama yang dinyanyikan kembali. Menurut saya channel ini sangat bagus, ditengah jarangnya lagu-lagu anak sekarang ini, channel ini cukup memberikan warna. 
GNP Kids
5. ‎Learn with Zakaria

Learn with Zakaria merupakan channel pembelajaran yang dipandu tokoh animasi bernama Zakaria. Dalam channel ini anak dapat belajar surat-surat pendek, bahasa arab dan belajar tentang islam. 
Learn with Zakaria

Memilihkan tontonan yang baik bagi anak adalah tanggung jawab orang tua. Memberikan pendampingan selama anak berinteraksi dengan gadget merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk dapat memantau tontonan anak. Namun perlu diingat, memberikan gadget hanyalah salah satu dari media pembelajaran. Tetap ajak anak untuk mengeksplorasi dunia luar,  bermain dan berinteraksi dengan dunia nyata. Berikan sesuai porsinya, karena yang berlebihan itu akan membawa dampak yang tidak baik. 





Komentar

  1. Mksh rekomendasinya Bun. Oh iya blog bunda bagus, tetapi akan lebih bagus lagi jika settingan blognya disetting untuk mobile agar huruf dan kontennya bisa nyaman dibaca oleh pembaca. Krn sekarang lbh bnyak org berselancar dg menggnakan hp. Tp utk keseluruhan konten bunda bgus2. Semamgat trus ya bun utk mnulis dan betbaginya 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima ksh Bun atas masukannya.:)
      Masukan seperti ini yang saya butuhkan, karena masih baru sekali di dunia blogging.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer

Social Network