Langsung ke konten utama

[TIPS] KEGIATAN FUN DIKALA LIBUR PANJANG

Setiap melihat tanggal merah jatuh di hari jumat, saya pasti langsung bahagia. Karena itu berarti long weekend! Tapi kalau long weekend-nya pas lagi tanggal tua, saya jadi gigit jari deh. Menghabiskan long weekend waktu belum gajian sama saja dengan menghabiskan liburan di rumah saja. Bisa mati gaya karena bingung mau melakukan apa. Apalagi saya punya anak balita yang lagi aktif-aktifnya. 

Tapi kalau dipikir-pikir, dengan putar otak sedikit, sebetulnya banyak aktifitas yang bisa saya dan keluarga lakukan di rumah. Mau yang keluar sedikit dana sampai yang benar-benar gratis juga bisa. Berikut ini ide-ide liburan yang dapat moms tiru untuk menghabiskan liburan di rumah saja bersama keluarga. 

Kumpul keluarga
Biar makin ramai, ajak keluarga besar untuk kumpul di rumah. Sekedar kumpul sambil makan dan nonton film bersama sudah bisa jadi aktifitas yang seru. Si kecil pun bisa bermain bersama dengan sepupunya. Selain menyenangkan, kumpul keluarga besar juga bisa mempererat ikatan antara keluarga. 
Kumpul keluarga menambah kehangatan
Beres-beres rumah
Berkebun bersama, merubah tatanan perabot atau mengecat ulang tembok adalah beberapa aktifitas yang bisa moms lakukan sekeluarga. Jangan lupa untuk libatkan si kecil. Aktifitas ini dapat membantu si kecil untuk lebih mengenal lingkungannya dan belajar terlibat dengan pekerjaan rumah tangga.
Beres-beres rumah dapat menjadi kegiatan seru liburan
Olah raga bersama
Jogging atau bersepeda dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan long weekend bersama keluarga. Ajak keluarga untuk menempuh jalur yang menantang,  misalnya berkeliling dengan sepeda sejauh 5 km. Olah raga bersama keluarga pasti akan terasa lebih menyenangkan. 
Bersepeda bersama keluarga sangat menyenangkan
Membuat proyek bersama
Menghabiskan liburan panjang dengan si kecil tidak akan membosankan kalau orang tua menyiapkan aktifitas menarik bagi anak. Moms dapat menyiapkan aktifitas seperti membuat rumah boneka atau mobil dari kardus bekas, membuat proyek science atau mendongeng. Ajak seluruh keluarga untuk terlibat. Pasti seru deh! 
Mobil-mobilan dari kardus
Memasak
Memasak bersama juga bisa menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga. Siapkan menu andalan untuk dimasak. Setelah matang pun makanan bisa dinikmati bersama. Kegiatan seperti ini sangat bagus untuk menambah kehangatan keluarga. 
Mengajak anak terlibat dalam memasak
Nah Moms, berlibur tidak harus melulu pergi liburan kan. Menghabiskan waktu di rumah dengan keluarga pun bisa sangat menyenangkan. Kita hanya perlu merencanakan kegiatan bersama yang menyenangkan. Ajak seluruh keluarga untuk berdiskusi menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan. Agar setiap keluarga mau terlibat dalam aktifitas yang telah direncanakan. Selamat mencoba Moms! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELATIH INDERA SI KECIL DENGAN SENSORY BOARD

Kalau kemarin buat mainan kardus buat si kakak. Minggu ini, giliran si adik yang saya buatkan mainan. Kali ini saya ingin membuatkan si adik permainan untuk menstimulasi indera. Saya membuat sensory board sederhana dari bahan-bahan bekas. Tahukah Moms permainan sensory memberikan banyak manfaat untuk si kecil? Bermain sensory board bisa memberikan banyak manfaat untuk si kecil, diantaranya: Membantu si kecil memahami lingkungannya.Mendorong kemampuan kognitif dan problem solvingMengembangkan daya kreatifitasMelatih motorik 
Masih banyak manfaat yang bisa diperoleh si kecil dari stimulus indera. Karena indera ibarat pintu gerbang bagi otak si kecil untuk menerima berbagai stimulus dari lingkungannya. Oke, sebelum kita mulai membuat sensory board sederhana, siapkan bahan-bahan dulu yuk Moms! Bahan-bahan:
Kardus bekas Kertas bekas Kain perca (saya menggunakan kain dari celana bekas kakak yang sudah robek) Plastik pembungkus bekas Spidol warna-warni Gunting Lem tembak Rumput sintetis (ata…

MENGATASI DERMATITIS ATOPIK PADA ORANG DEWASA

Moms yang punya anak bayi mungkin sudah familiar dengan istilah Dermatitis Atopik atau Eczema. Dermatitis atopik adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan serangan gatal-gatal yang kemudian menyebabkan kulit menjadi kering keabuan dan pecah hingga berdarah. Kondisi dermatitis atopik ini umumnya muncul pada bayi dan menghilang seiring dengan pertambahan usia anak. Tapi, tahukah, Moms, kalau ternyata dermatitis atopik juga dapat menyerang orang dewasa?
Itulah yang terjadi pada saya, riwayat alergi dan asma yang menurun dari si mamah membuat saya menderita penyakit kulit ini.  dermatitis atopik pada orang dewasa biasanya muncul pada rentang usia 20-30an. Awalnya kulit saya biasa saja. Namun, sekitar tahun 2016, muncul beberapa lenting kecil di jari manis yang kemudian menyebar di seluruh tangan kiri. Lenting atau benjol kecil iti biasanya pecah atau mengering sendiri menjadi kulit yang terkelupas. Tak jarang, kulit terkelupas ini juga meninggalkan luka yang sampai berdarah. Jangan ta…

MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK DI ERA DIGITAL

"Ma, aku mau nonton baby shark", rengek Syakira 

"Loh, masih pagi kok sudah mau nonton Youtube? Sarapan dulu dong!", ucap Mama

"Pokoknya maubaby shark! Maubaby shark!", Syakira semakin merengek. 

Situasi di atas sepertinya sangat familiar untuk orang tua zaman sekarang. Gawai menjadi alat yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Di era digital sekarang ini, gawai tidak hanya menjadi kebutuhan orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukan pengguna internet pada anak usia 10-14 tahun berjumlah 768 juta jiwa. Angka yang tidak sedikit dan terbilang mengejutkan, karena pada usia tersebut anak sudah aktif menggunakan gawai. Dilansir dari www.vivanews.co.id, pengguna internet pada rentang usia tersebut rata-rata mengakses aplikasi video seperti Youtube. 
Kondisi tersebut menjadi memprihatinkan dikala minat baca masyarakat indonesia yang menduduki peringkat 60 dari 61 negara…