Langsung ke konten utama

5 CARA SAYA MEMBELANJAKAN UANG

Sumber: Pixabay

Kalau Moms punya uang 2 juta rupiah untuk dibelanjakan setiap bulannya, kira-kira Moms ingin beli apa? Ceritanya uang itu sudah bersih dipotong pajak dan derma, jadi full untuk dihabiskan saja. Hayo... Kira-kira mau dihabiskan untuk apa? 


Tulisan kali ini edisi berandai-andai ya... Supaya enggak bosan kasih tips melulu kan.... Seandainya saja setiap bulan saya memiliki uang 2 juta rupiah yang bebas saya habiskan, saya akan membelanjakannya untuk lima hal berikut ini:

Nabung investasi

Investasinya dalam bentuk jangka pendek, bisa modalin orang (atau diri sendiri) jualan kue atau nabung buat beli logam mulia atau SUKUK (surat berharga syariah). Berhubung uang setiap bulan hanya 2 juta, jadi enggak cukup kalau langsung dibelikan emas ukuran besar, jadi nabung dulu deh sampai uangmya cukup, hehe. 

Kenapa nabung investasi? Apa bedanya dengan nabung biasa? Tentu saja peruntukannya yang beda. Kalau punya uang, kadang kita hanya fokus membeli barang-barang konsumsi. Padahal dengan kita memiliki aset produktif (yang nilainya semakin bertambah), suatu hari aset tersebut juga akan menghasilkan uang untuk kita. 

Buku
Saya tuh suka banget baca dari kecil. Sebagai orang yang mengklaim diri sebagai penulis, saya juga butuh amunisi agar selalu memiliki ide untuk dikembangkan. Salah satu caranya dengan banyak membaca. Itu kenapa, membeli buku ibarat sebuah investasi untuk saya. 

Saya kalau beli buku entah kenapa enggak pernah merasa rugi. Kadang buku-buku itu sampai menumpuk di rumah. Terus kalau sudah bosan dan enggak dibaca lagi gimana? Kalau saya biasanya mendermakan buku-buku yang sudah enggak saya pakai ke rumah baca. Lemari buku yang penuh pun jadi lapang, semua jadi senang deh! Terus bisa beli buku baru lagi deh! 😆

Traktir Keluarga dan/atau sahabat

Terkadang saya merasa waktu untuk keluarga dan sahabat itu sedikit banget. Rasanya dalam sebulan bisa  kehitung deh berapa kali saya bertemu mereka. Bahkan belum tentu sebulan sekali bertemu. Makanya mentraktir keluarga atau teman jadi pilihan saya untuk tetap bersilaturahmi dengan mereka. Kan pasti pada semangat tuh kalau ditraktir, hehe. Mereka senang, saya pun ikut senang.

Jalan-jalan di dalam kota

Sebagai pendatang baru di Bogor, belum banyak tempat yang saya kunjungi di kota ini. Kalau saya punya uang untuk dihabiskan dalam satu bulan, saya akan mengunjungi minimal satu spot wisata di Bogor setiap bulannya. Kalau sudah khatam kemana? Kita melipir ke Jakarta atau sukabumi saja deh, hehe

Ikut training

Sekarang ini ruang untuk belajar itu luas banget. Untuk ibu-ibu macam saya yang susah mobile, keberadaan training-training online yang menjamur bak anugerah buat saya. Itu kenapa kalau saya punya uang yang bisa saya habiskan setiap bulan, saya akan gunakan untuk mendaftar training. Temanya bisa macam-macam, bisa tentang kepenulisan, wirausaha, crafting dan sebagainya. 

Kadang saya suka aneh sendiri sih... Saat kebanyakan perempuan menghabiskan uangnya untuk hal-hal kecantikan, baju dan sebagainya, uang saya malah habis buat daftar training 😂😂.

Jadi... Begitulah saya menghabiskan uang saya, kalau punya uang 2 juta rupiah setiap bulan. Kalau loh ini... Kan kita lagi berandai, wkwkwkwk. Kalau Moms akan menggunakan uang sebanyak itu tiap bulan untuk apa?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 KONTEN ANAK YANG TIDAK BOLEH DIUNGGAH DI MEDSOS

Di salah satu grup Whatsapp yang saya ikuti sedang heboh membahas tentang video seorang anak kecil yang sedang menonton video dengan konten dewasa di tempat umum.  Di video berdurasi kurang lebih 1 menit itu tampak seorang anak perempuan sedang memegang smartphone sambil menonton sebuah video.

MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK DI ERA DIGITAL

"Ma, aku mau nonton baby shark", rengek Syakira 

"Loh, masih pagi kok sudah mau nonton Youtube? Sarapan dulu dong!", ucap Mama

"Pokoknya maubaby shark! Maubaby shark!", Syakira semakin merengek. 

Situasi di atas sepertinya sangat familiar untuk orang tua zaman sekarang. Gawai menjadi alat yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Di era digital sekarang ini, gawai tidak hanya menjadi kebutuhan orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukan pengguna internet pada anak usia 10-14 tahun berjumlah 768 juta jiwa. Angka yang tidak sedikit dan terbilang mengejutkan, karena pada usia tersebut anak sudah aktif menggunakan gawai. Dilansir dari www.vivanews.co.id, pengguna internet pada rentang usia tersebut rata-rata mengakses aplikasi video seperti Youtube. 
Kondisi tersebut menjadi memprihatinkan dikala minat baca masyarakat indonesia yang menduduki peringkat 60 dari 61 negara…

[TIPS] MANAJEMEN WAKTU ALA EMAK REMPONG

Cuci baju belum, mandiin anak belum, setrikaan dari kemarin masih menumpuk dan sms dari customer yang order jilbab belum sempat dibalas. Terbayang enggak sih moms berapa banyak tugas yang harus moms lakukan setiap harinya. Rasanya 24 jam sehari seperti enggak cukup untuk menyelesaikannya.  Kesibukan sebagai emak memang enggak ada habisnya. Dari sebelum matahari terbit hingga tengah malam menjelang, sering kali emak masih sibuk berkutat dengan pekerjaan rumah tangga. Enggak perlu dibuat jadi stress ya moms, coba disyukuri saja karena semua pasti berbuah pahala. Tapi bagaimana ya supaya waktu dan tenaga kita bisa optimal untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada?