Langsung ke konten utama

TIPS MENGAJARKAN ANAK SIKAT GIGI

Sumber: Pixabay

Dalam sebuah grup whatsapp, seorang ibu curhat tentang anaknya yang susah sekali diajak sikat gigi. Menurut Si Ibu, gigi anaknya sudah mulai karies. Menjaga kesehatan gigi memang penting dilakukan sejak dini. Meskipun gigi anak kecil nantinya akan tanggal dan berganti gigi tetap, tapi kesehatan gigi susu tetap harus dijaga. Menjaga kesehatan gigi bahkan bisa dimulai sejak gigi anak belum tumbuh. Sisa susu di dalam mulut bayi harus dibersihkan untuk mencegah pertumbuhan jamur dalam mulut bayi. Kalau saya biasa membersihkan mulut Si Adik dengan kain kassa yang dibasahi air matang hangat.

Dulu waktu anak sulung saya, Si Kakak, belum satu tahun, memang agak sulit untuk mengajaknya sikat gigi. Saya sempat khawatir, apalagi Si Kakak minun susu melalui dot. Setiap diajak sikat gigi, kakak pasti menolak. Tapi saya dan suami tak hilang akal, kami pun mencoba beberapa trik yang alhamdulillah berhasil. Yuk Moms disimak apa saja tips dan trik mengajari anak sikat gigi. 

Pilihlah Sikat Gigi yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anak. 

Saya dulu sempat salah membelikan sikat gigi untuk kakak. Bulu sikat giginya terlalu kasar, akibatnya Si Kakak sempat mogok sikat gigi. Untuk anak-anak sebaiknya pilihkan sikat yang kepalanya kecil dan bulunya lembut agar nyaman di mulut anak. 

Menggunakan Media Video dan Permainan

Saya sangat terbantu dengan hadirnya teknologi. Meskipun jarang memberikannya lansung pada anak, tapi saya sering menggunakan teknologi untuk media belajar. Salah satunya untuk mengajarkan anak sikat gigi. Berikut ini adalah video yang sering saya putarkan untuk kakak:


Sesame Street: Healthy Teeth, Healthy Me


Brush Your Teeth: Super Simple Song

Selain video, ada juga game Monster Day keluaran Highlight yang mengajarkan anak untuk menyikat gigi atau mungkin Moms punya rekomendasi lainnya? Tapi pastikan dampingi anak saat menonton video dan bermain dengan gawai ya Moms. 

Games Monster Day

Kalau tidak mau menggunakan gawai, Moms bisa menggunakan permainan lainnya untuk mengajarkan anak menyikat gigi. Misalnya dengan permainan-permainan berikut ini (sumber foto: Pinterest):





Ajak Anak Menyikat Gigi Bersama
Agar anak lebih bersemangat untuk menyikat gigi, Moms bisa ikut sikat gigi bersamanya. Kegiatan ini juga bisa mengajarkan si kecil bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar. Buat aktivitas menyikat gigi menjadi menyenangkan, misalnya dengan sambil bernyanyi dan menari. 


Siapkan Peralatan Menyikat Gigi yang Menarik Bagi Anak
Selain sikat gigi yang nyaman bagi mulut anak, Moms juga bisa menyiapkan peralatany menyikat gigi yang menarik. Misalnya Si Kecil menyukai tooh kartun tertentu, Moms bisa menyiapkan sikat gigi, gelas berkumur dan handuk kecil dengan gambar tokoh kartun tersebut. Dengan demikian, anak pun jadi lebih semangat untuk menyikat gigi.

Mengajarkan anak untuk hidup bersih  adalah hal yang penting. Salah satunya dengan mengajarkan anak untuk rutin menyikat gigi. Membuat aktivitas menyikat gigi menjadi menyenangkan bagi anak adalah hal yang bisa dilakukan. Jangan memaksa anak, karena hal tersebut justru bisa membuatnya tidak mau menyikat gigi. Seperti kemampuan yag diajarkan ke anak pada umumnya, mengajak anak sikat gigi juga membutuhkan kesabaran.

Semoga bermanfaat tipsnya ya Moms!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 KONTEN ANAK YANG TIDAK BOLEH DIUNGGAH DI MEDSOS

Di salah satu grup Whatsapp yang saya ikuti sedang heboh membahas tentang video seorang anak kecil yang sedang menonton video dengan konten dewasa di tempat umum.  Di video berdurasi kurang lebih 1 menit itu tampak seorang anak perempuan sedang memegang smartphone sambil menonton sebuah video.

[TIPS] MANAJEMEN WAKTU ALA EMAK REMPONG

Cuci baju belum, mandiin anak belum, setrikaan dari kemarin masih menumpuk dan sms dari customer yang order jilbab belum sempat dibalas. Terbayang enggak sih moms berapa banyak tugas yang harus moms lakukan setiap harinya. Rasanya 24 jam sehari seperti enggak cukup untuk menyelesaikannya.  Kesibukan sebagai emak memang enggak ada habisnya. Dari sebelum matahari terbit hingga tengah malam menjelang, sering kali emak masih sibuk berkutat dengan pekerjaan rumah tangga. Enggak perlu dibuat jadi stress ya moms, coba disyukuri saja karena semua pasti berbuah pahala. Tapi bagaimana ya supaya waktu dan tenaga kita bisa optimal untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada? 

MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK DI ERA DIGITAL

"Ma, aku mau nonton baby shark", rengek Syakira 

"Loh, masih pagi kok sudah mau nonton Youtube? Sarapan dulu dong!", ucap Mama

"Pokoknya maubaby shark! Maubaby shark!", Syakira semakin merengek. 

Situasi di atas sepertinya sangat familiar untuk orang tua zaman sekarang. Gawai menjadi alat yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Di era digital sekarang ini, gawai tidak hanya menjadi kebutuhan orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukan pengguna internet pada anak usia 10-14 tahun berjumlah 768 juta jiwa. Angka yang tidak sedikit dan terbilang mengejutkan, karena pada usia tersebut anak sudah aktif menggunakan gawai. Dilansir dari www.vivanews.co.id, pengguna internet pada rentang usia tersebut rata-rata mengakses aplikasi video seperti Youtube. 
Kondisi tersebut menjadi memprihatinkan dikala minat baca masyarakat indonesia yang menduduki peringkat 60 dari 61 negara…