Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2019

MENGENALKAN ANGKA PADA SI PEMULA

Bebikinan hari ini heboh luar biasa! Entah kenapa si adik lagi nempel banget sama umminya. Jadi setiap selesai ngerjain satu langkah harus berhenti sejenak buat menenani main si putri kecil. Padahal ada abinya, lho ya... Kok enggak bosen sudah tiap hari main bareng ummi😂.
Kali ini mau bikin sesuatu yang simpel tapi bisa mengajarkan sesuatu yang baru buat si kakak. Sekarang kakak kan sudah mau empat tahun, jadi sedikit-sedikit sudah saya mulai kenalkan dengan angka dan huruf. Enggak ngoyo sih... Asal si kakak bisa mencocokan saja, sudah bagus banget menurut saya. Jadi inilah bebikinan kita kali ini!
Matching Number Bahan-bahan:
Tutul botol air kemasan 10 buah Potongan kardus bekas tebal (30 x 25 cm) Potongan kardus bekas tipis (30 x 25 cm)  Kertas berwarna (optional) Spidol Gunting Cutter Lem tembak Lem kertas/double tape
Cara membuat: Langkah pertama, potong bagian tutup botol air kemasan. Kalau saya, agak dilebihkan sekitar 2 mm agar nanti mudah saat memasangnya di papan kardus.Lalu…

ASUPAN PENTING UNTUK SI ANAK AKTIF

Kakak dan air itu... Sudah seperti sobat dekat deh. Sejak kecil, kakak sudah senang main air. Berbeda dengan si adik yang nangis kejer kalau kena air dingin, kakak malah happy banget setiap kena air. Kalau ini sih jelas turunan abinya deh, soalnya saya sendiri enggak terlalu bisa berenang, hehe. Berhubung kakak senangnya main air, Kegiatan yang sering kami lakukan  di luar rumah tentunya berenang. Setiap ada kesempatan untuk traveling, request pertama si kakak pasti berenang. Sebagai ibunya, saya sih enggak terlalu khawatir, karena bagi saya, membiarkan anak aktif main di luar itu penting. Selain karena anak jadi lebih aktif bergerak, anak juga akan mendapatkan banyak stimulus dari lingkungan.
Alhamdulillah... Sejauh ini kakak jarang sakit meskipun hobi main air. Kalau lagi enggak ada kesempatan untuk berenang, hobi main air kakak disalurkan dengan main air di kamar mandi atau main hujan. Aduh! Saya tuh, terus terang agak khawatir deh membiarkan si kakak mandi hujan. Kalau sakit bagai…

MELATIH INDERA SI KECIL DENGAN SENSORY BOARD

Kalau kemarin buat mainan kardus buat si kakak. Minggu ini, giliran si adik yang saya buatkan mainan. Kali ini saya ingin membuatkan si adik permainan untuk menstimulasi indera. Saya membuat sensory board sederhana dari bahan-bahan bekas. Tahukah Moms permainan sensory memberikan banyak manfaat untuk si kecil? Bermain sensory board bisa memberikan banyak manfaat untuk si kecil, diantaranya: Membantu si kecil memahami lingkungannya.Mendorong kemampuan kognitif dan problem solvingMengembangkan daya kreatifitasMelatih motorik 
Masih banyak manfaat yang bisa diperoleh si kecil dari stimulus indera. Karena indera ibarat pintu gerbang bagi otak si kecil untuk menerima berbagai stimulus dari lingkungannya. Oke, sebelum kita mulai membuat sensory board sederhana, siapkan bahan-bahan dulu yuk Moms! Bahan-bahan:
Kardus bekas Kertas bekas Kain perca (saya menggunakan kain dari celana bekas kakak yang sudah robek) Plastik pembungkus bekas Spidol warna-warni Gunting Lem tembak Rumput sintetis (ata…

8 JENIS ORANG YANG PERLU MOMS HINDARI

Apa Moms pernah mendengar tentang toxic people? Toxic people adalah jenis orang yang perlu Moms hindari. Kenapa? Karena orang semacam ini senang merugikan orang lain, baik secara fisik maupun mental. Sebagai ibu yang perlu menjaga kewarasan,hehe, saya pun amat menjaga diri dari lingkungan yang negatif. Salah satu caranya, ya dengan menghindari para toxic people
Bagi saya, sah saja kok kita memilih lingkaran pergaulan kita. Menurut penelitian David G. Mayers, ada banget lho, hubungan antara perasan nyaman kita terhadap lingkungan pergaulan dan dukungan orang terdekat terhadap kesehatan mental. Thats why? Being close with toxic people just poisoning you. Kita saja enggak mau menelan racun yang sudah jelas bisa membahayakan keselamatan fisik kita, tentunya kita enggak mau meneguk racun serupa yang bisa "mematikan" jiwa tho
Kalau saya pribadi, sedapat mungkin mencari lingkungan yang bisa mensupport saya dan membuat saya bisa selalu merasa positif. Because i know me very wel…

THE CRABY SHAPE: MEMBUAT MAINAN EDUKATIF ANAK UNTUK MENGENALKAN BENTUK BANGUN DATAR

Suka bingung enggaksih Moms memilihkan mainan untuk si kecil? Saya juga sering begitu. Inginnya membelikan mainan anak yang tidak hanya menyenangkan hatinya, tapi juga bisa mengedukasi. Dulu, sebelum adik lahir, saya tuh rajin banget membuat mainan edukatif anak buat kakak. Tapi semenjak punya anak dua, bubar deh semuanya, hehe. 
Di tahun ini, memberikan mainan yang menyenangkan sekaligus edukatif untuk kakak dan adik menjadi salah satu resolusi 2019 saya. Supaya lebih semangat, saya rangkum jadi rubrik baru dong di blog. Semoga juga bisa menginspirasi Moms semua ya
The Craby Shape (3+) Permainan ini adalah mainan edukatif anak 2-3 tahun. Tujuan permainan ini adalah mengenalkan bentuk sekaligus mencocokan. Cara membuatnya mudah banget, bahan dan alatnya juga bisa Moms gunakan dari barang bekas. Sedapat mungkin saya akan menggunakan bahan bekas untuk membuat mainan anak-anak, selain dalam rangka mendukung gaya hidup hijau, saya juga ingin memberikan inspirasi mainan yang murah dan m…