Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2019

ORANG TUA GENERASI Y: BENARKAH ORANG TUA YANG MANDIRI?

Disclaimer: Tulisan ini murni opini ya. Dengan berlandaskan pada pengalaman, pengamatan dan beberapa referensi yang pernah saya baca. Kalau ada perbedaan atau ketidaksesuaian, itu karena perbedaan cara pandang dan kebiasaan masing-masing individu.
Berapa banyak dari Moms yang ketika menikah mendapat petuah dan wejangan dari orang tua? Atau saat Moms pertama kali jadi orang tua, adakah saran yang diberikan oleh kakek atau neneknya si kecil?
Ketika saya pertama kali menikah dan menjadi orang tua, saya enggak pernah menerima saran. I was  totally blind, but thanks for the books and internet that save my life. Ya... Saya mempelajari semuanya dari buku dan  internet. Mulai dari bikin sambel, menangani anak demam sampai memenej keuangan. Bergabung ke komunitas-komunitas parenting, hingga baca-baca jurnal kesehatan saya lakukan. Semua saya cari dan temukan sendiri.
Secara mengejutkan, ternyata hal ini enggak hanya dialami oleh saya. Beberapa teman mengaku mengalami hal yang sama. Mereka bahk…

BELAJAR GAYA HIDUP HIJAU: MENCUCI DENGAN SABUN LERAK

Sudah sebulan lebih ini keluarga kami beralih ke eco cleanser. Mulai dari cuci baju, cuci piring sampai membersihkan kamar mandi saya menggunakan sabun lerak. Bagi yang belum tahu, lerak atau buah klerek adalah buah yang sering digunakan untuk keperluan mencuci, biasanya untuk mencuci batik. Selain memberi daya bersih yang baik, lerak juga ramah lingkungan. 
Sebelum saya beralih ke sabun dari buah lerak, sebebarnya saya sudah biasa menggunakan sabun lerak cair yang umum dijual di pasaran. Tapi, saya baru tahu, kalau sabun lerak cair seperti itu ternyata enggak sepenuhnya alami dan masih merusak lingkungan. Akhirnya, saya pun membuat sabun lerak sendiri. Berbekal browsing sana sini dan belajar dari Rumbel IP Bogor, Bogoggreen. 

Namun, ternyata berpindah haluan menjalani kehidupan yang lebih "hijau" itu susah-susah gampang. Sejak awal meniatkan untuk bikin sabun lerak, saya sudah menghadapi tantangan. Mencari buahnya itu, lho, susah juga ternyata. Saya kontak teman dI Bogor y…

MENDAMBA CINTA AYAH: CATATAN ANAK SEORANG INTROVERT

Sebelum Dilan berjaya, generasi 90an pasti akrab dengan sosok cool  anak SMA yang tak banyak bicara. Ditambah pembawaan misterius karena kepribadiannya dan ketertarikan dengan dunia sastra. Yup! The one and only, He's Rangga. Sebagian besar perempuan pada zamannya mungkin membayangkan dirinya didekati oleh sosok seperti Rangga. Cool abis! 
Bagi saya, hidup di dunia nyata dengan sosok seperti Rangga tak seindah pengalaman Cinta di film AADC. Nope! I'm not talking about my hubby. Saya sedang membicarakan sosok ayah saya. Kepribadian beliau yang super pendiam membuat orang sulit menebak apa yang ia pikirkan. Jangan tanya orang lain, saya yang muncul karena perpaduan sel-nya dan sel ibu saya pun kurang paham. Dulu, beberapa teman saya bahkan enggan main ke rumah karena takut bertemu dengan ayah saya. Padahal ia tidak galak, hanya kurang ramah.
Saya pernah menghabiskan dua jam perjalanan di mobil bersama beliau tanpa mengobrol sedikit pun. Awkward? Bagi yang baru mengenalnya tentu…

PERTOLONGAN PERTAMA MENGATASI PANAS PADA ANAK

Dua minggu ini duo shaliha qadarallah kena sakit panas dan bapil. Kalau anak-anak sudah pada sakit kayak gini, rasanya jadi  campur aduk deh. Khawatir luar biasa, ditambah kondisi anak yang biasanya lebih rewel, jadi bikin saya jadi stres. Belum lagi urusan rumah yang terbengkalai, karena anak-anak biasanya jadi sangat nempel dengan saya. Selain lebih rewel, panas pada anak juga membuat si kecil jadi lesu, yang biasanya ceria enggak bisa diam, ini lemas dan kuyu (bagian ini yang bikin saya paling sedih deh....)

Sempat cemas juga, mengingat lagi marak banget DBD kan Moms... Anak-anak juga panasnya pada tinggi dan si adik malah enggak menunjukan ada gejala lain yang menyertai demam. Saya justru makin khawatir kalau anak-anak panas saja, tanpa ada gejala bapil. Syerem... Saya jadi mikir kemana-mana, ini tuh kenapa, sakit apa...😢
Baca juga: DEFISIENSI ZAT BESI PADA ANAK
Tapi dari yang saya baca, sebetulnya kita enggak perlu khawatir saat anak terserang demam. Penyebab panas pada anak seb…

MENGATASI DERMATITIS ATOPIK PADA ORANG DEWASA

Moms yang punya anak bayi mungkin sudah familiar dengan istilah Dermatitis Atopik atau Eczema. Dermatitis atopik adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan serangan gatal-gatal yang kemudian menyebabkan kulit menjadi kering keabuan dan pecah hingga berdarah. Kondisi dermatitis atopik ini umumnya muncul pada bayi dan menghilang seiring dengan pertambahan usia anak. Tapi, tahukah, Moms, kalau ternyata dermatitis atopik juga dapat menyerang orang dewasa?
Itulah yang terjadi pada saya, riwayat alergi dan asma yang menurun dari si mamah membuat saya menderita penyakit kulit ini.  dermatitis atopik pada orang dewasa biasanya muncul pada rentang usia 20-30an. Awalnya kulit saya biasa saja. Namun, sekitar tahun 2016, muncul beberapa lenting kecil di jari manis yang kemudian menyebar di seluruh tangan kiri. Lenting atau benjol kecil iti biasanya pecah atau mengering sendiri menjadi kulit yang terkelupas. Tak jarang, kulit terkelupas ini juga meninggalkan luka yang sampai berdarah. Jangan ta…

MENGGUNTING SURAI SINGA: MELATIH KECAKAPAN MOTORIK HALUS

Kali ini, saya mau membuatkan kakak permainan yang bisa melatih motorik halusnya. Membuatnya pun simpel banget. Berhubung saya lagi rempong, hehe... Tapi si duo saliha tetap butuh diajak main to, jadi saya buatkan mainan yang cukup 15 menitan saja membuatnya. Namanya menggunting surai singa. Bahan-bahan:
Moms hanya membutuhkan.... 1 buah Kardus bekas bungkus makanan (saya sarankan yang sisi luarnya glossy) Kertas bekas Spidol berwarna Solatip
Cara Membuat:Buat pola lingkaran pada kardus bekas, lalu gunting. Kalau saya menggunakan solatip besar untuk membantu membuat lingkaran. Moms bisa menggunakan media lain, seperti gelas besar atau mangkuk kecil. Jangan lupa untuk membuat dua buah telinga untuk si singa. Buat pola lingkaran pada kertas bekas dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Kalau saya enggak pakai ukur-ukur penggaris. Cukup cari dua cetakan lingkaran dengan ukuran yang berbeda saja. Tempelkan bagian telinga ke lingkaran kardus, kemudian hias dengan mata, hidung dan mu…

CARA MEMOTIVASI ANAK AGAR BERDAYA

"Mi, ini gimana caranya?" "Diputar, Nak. Sisi yang satunya dipegang supaya enggak bergeser" "Enggak bisa, ummi aja yang bukain" "Ayo, dicoba dulu. Kakak bisa kok!" "Enggak bisa, ummi aja"
Situasi demikian kerap saya temui ketika sedang bersama kakak. Beberapa kali ia menemui kesulitan saat menghadapi sesuatu dan secepat itu pula ia menyerah dan minta pertolongan saya. Sewajarnya, anak seusia kakak memang masih mengalami fase transisi antara bayi yang sangat bergantung menjadi seorang anak yang lebih mandiri. Mungkin sebagian Moms juga mengalaminya. Moms juga mungkin merasa khawatir dengan kemandirian si kecil dan bingung bagaimana cara memotivasi anak agar lebih mandiri.
Baca juga: AGAR ANAK MANDIRI DAN BERDAYA
Sejak kakak berusia dua tahun, saya mulai mengajarkan kakak kemandirian. Beberapa hal kini bisa si kakak lakukan sendiri, tapi tak jarang, banyak hal yang sebetulnya sudah bisa ia lakukan tapi tetap meminta bantuan pada saya da…