Langsung ke konten utama

MY GUILTY PLEASURE: 5 CARA MENGISI WAKTU LUANG YANG ASYIK TAPI BIKIN NYESEL KEMUDIAN

Sumber: Pixabay
Sebagai seorang ibu, wajar banget deh kalau kita butuh hiburan. Toh ibu memang butuh tetap waras supaya bisa lembur siang malam. Mengerjakan tugas rumah, mengurus anak-anak, belum lagi ditambah hal-hal di luar dugaan yang harus dikerjakan.


Tidak terkecuali saya, terkadang kalau sudah capek, rasanya amarah cepat banget tersulut. Tentu saja yang jadi korban ya paksu dan anak-anak (huhu... Maafkan aku....). 

Itu lah kenapa, sekali-sekali ibu boleh saja melakukan hal yang mungkin dianggap kurang berfaedah, tapi bisa me-recharge lagi energi yang hilang setelah seharian gedebukan. Kalau saya pribadi sih... Asal enggak terlalu sering dan melampaui batas-batas norma dan agama mah hayu saja. Toh kuncinya tetap jangan sampai merugikan orang lain.

KEGIATAN MENGISI WAKTU LUANG YANG UNFAEDAH

Biar judulnya "unfaedah", tapi mengisi waktu luang seperti ini menurut saya terkadang ada sisi baiknya, lho. Sebagai manusia, kita terkadang butuh keluar dari kebiasaan. Kayak slogan di iklan itu, "life is never flat". Padahal mah kegiatan yang saya sebutkan nanti sebetulnya biasa saja atau mungkin, jangan-jangan banyak Moms yang juga melakukannya. Intinya, menyenangkan diri sendiri itu penting juga kan. Karena ibu yang bahagia, akan membesarkan anak-anak yang bahagia. Ya enggak?

Jadi, inilah 5 kegiatan mengisi waktu luang yang (seringnya) membuat saya menyesal kemudian.

Nonton Korea

Saya tuh bukan penggemar fanatik drakor, tapi saya juga bukan antifans. Beberapa film Song Hye Kyo saya suka banget, kayak Descendant of The Sun dan Full House. Bahkan saya masih menyimpan beberapa drakor jadul di HP saya untuk saya tonton sekali-kali, misalnya Goong. 

Salah satu adegan yang epic banget di drama Desceant of The Sun. Saya sampai sudah nonton drakor ini berkali-kali

Nonton drama korea itu memang sering bikin terhanyut kan. Entah kenapa mereka tuh bisa bikin cerita yang bagus dengan pemeran yang (of course) cantik dan ganteng. Tapi, setelahnya saya pasti langsung nyesel. Tahu sendiri deh kalau nonton drakor itu enggak cukup satu episode. Tanpa sadar, waktu luang sudah habis seketika cuma mantengin drakor. 

Nonton Youtube

Selain drakor, hal yang sering menyita waktu luang saya itu adalah nonton Youtube. Berselancar di Youtube itu seru banget menurut saya. Berhubung saya tuh orangnya auditori visual, jadi saya lebih senang dan gampang menerima informasi yang saya lihat dan dengar.

Menurut saya, sebetulnya nonton Youtube itu bisa jadi berfaedah, tergantung channel apa yang ditonton. Masalahnya, saya tuh sering lupa waktu kalau nonton Youtube. Terkadang sampai enggak terasa waktu sudah berganti hari (biasanya saya nonton Youtube malam-malam), jadilah waktu tidur saya yang tersita.

Makan MSG

Salah satu makanan yang suka jadi stress release buat saya adalah MSG alias micin. Kadang saya tiba-tiba ingin saja makan keripik atau chiki-chikian yang micinnya seabreg. Saya pun langsung beli ukuran besar dan saya bisa menghabiskannya sendiri. Baru deh setelahnya, kepala saya langsung pusing karena kebanyakan MSG.

Beli Barang-Barang Imut

Ini berlaku saat saya punya waktu dan uang ya.... Hehe. Terus terang, saya tuh masih suka sama barang-barang yang ada gambar-gambar imutnya, entah itu binatang atau tokoh kartun. Mungkin saya termasuk orang yang masa kecilnya kurang bahagia,wkwkwk. Barang-barang seperti notes atau agenda, stiker-stiker dan washi tape terkadang suka dengan impulsifnya saya beli.

Saya memang tertarik sama hal-hal yang berbau bujo alias bullet journal sih, tapi sebenarnya saya tuh cuma suka melihat karya-karya bujo orang, sedangkan saya sendiri enggak terlalu telaten membuatnya.

Makan Makanan Mahal

Kalau lagi kaya raya terus punya waktu luang, ngapai ya enaknya? Kalau saya bakal makan makanan yang harganya agak pricey. Entah itu datang langsung ke restoran atau pesan lewat aplikasi. Rasanya ada kepuasan tersendiri gitu kalau habis makan "enak", tapi biasanya saya pun langsung eneg setelah melihat sisa saldo yang saya miliki.

Enggak apa-apa deh kalau sekali-sekali. Asal jangan jadi kebiasaan. Hanya untuk kepuasan sesaat (terus menyesal kemudian....), yang penting kan masih ada puasnya ya....

Kalau ibunya bahagia, insya Allah anaknya pasti bahagia :)

Ibu itu harus terus di-charge energinya. Kita, para ibu, harus setrong fisik dan mental kan. Jadi butuh hal yang bisa menyenangkan hati dan pikiran. Enggak apa-apa lah nyeleneh dari kebiasaan, yang penting setelahnya puas dan siap mulai lagi gedebukan.

Kalau Moms, hal nyeleneh apa yang dilakukan untuk mengisi waktu luang?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGATASI DERMATITIS ATOPIK PADA ORANG DEWASA

Moms yang punya anak bayi mungkin sudah familiar dengan istilah Dermatitis Atopik atau Eczema. Dermatitis atopik adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan serangan gatal-gatal yang kemudian menyebabkan kulit menjadi kering keabuan dan pecah hingga berdarah. Kondisi dermatitis atopik ini umumnya muncul pada bayi dan menghilang seiring dengan pertambahan usia anak. Tapi, tahukah, Moms, kalau ternyata dermatitis atopik juga dapat menyerang orang dewasa?
Itulah yang terjadi pada saya, riwayat alergi dan asma yang menurun dari si mamah membuat saya menderita penyakit kulit ini.  dermatitis atopik pada orang dewasa biasanya muncul pada rentang usia 20-30an. Awalnya kulit saya biasa saja. Namun, sekitar tahun 2016, muncul beberapa lenting kecil di jari manis yang kemudian menyebar di seluruh tangan kiri. Lenting atau benjol kecil iti biasanya pecah atau mengering sendiri menjadi kulit yang terkelupas. Tak jarang, kulit terkelupas ini juga meninggalkan luka yang sampai berdarah. Jangan ta…

MELATIH INDERA SI KECIL DENGAN SENSORY BOARD

Kalau kemarin buat mainan kardus buat si kakak. Minggu ini, giliran si adik yang saya buatkan mainan. Kali ini saya ingin membuatkan si adik permainan untuk menstimulasi indera. Saya membuat sensory board sederhana dari bahan-bahan bekas. Tahukah Moms permainan sensory memberikan banyak manfaat untuk si kecil? Bermain sensory board bisa memberikan banyak manfaat untuk si kecil, diantaranya: Membantu si kecil memahami lingkungannya.Mendorong kemampuan kognitif dan problem solvingMengembangkan daya kreatifitasMelatih motorik 
Masih banyak manfaat yang bisa diperoleh si kecil dari stimulus indera. Karena indera ibarat pintu gerbang bagi otak si kecil untuk menerima berbagai stimulus dari lingkungannya. Oke, sebelum kita mulai membuat sensory board sederhana, siapkan bahan-bahan dulu yuk Moms! Bahan-bahan:
Kardus bekas Kertas bekas Kain perca (saya menggunakan kain dari celana bekas kakak yang sudah robek) Plastik pembungkus bekas Spidol warna-warni Gunting Lem tembak Rumput sintetis (ata…

MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK DI ERA DIGITAL

"Ma, aku mau nonton baby shark", rengek Syakira 

"Loh, masih pagi kok sudah mau nonton Youtube? Sarapan dulu dong!", ucap Mama

"Pokoknya maubaby shark! Maubaby shark!", Syakira semakin merengek. 

Situasi di atas sepertinya sangat familiar untuk orang tua zaman sekarang. Gawai menjadi alat yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Di era digital sekarang ini, gawai tidak hanya menjadi kebutuhan orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukan pengguna internet pada anak usia 10-14 tahun berjumlah 768 juta jiwa. Angka yang tidak sedikit dan terbilang mengejutkan, karena pada usia tersebut anak sudah aktif menggunakan gawai. Dilansir dari www.vivanews.co.id, pengguna internet pada rentang usia tersebut rata-rata mengakses aplikasi video seperti Youtube. 
Kondisi tersebut menjadi memprihatinkan dikala minat baca masyarakat indonesia yang menduduki peringkat 60 dari 61 negara…