Langsung ke konten utama

5 CARA SAYA MEMBELANJAKAN UANG

Sumber: Pixabay

Kalau Moms punya uang 2 juta rupiah untuk dibelanjakan setiap bulannya, kira-kira Moms ingin beli apa? Ceritanya uang itu sudah bersih dipotong pajak dan derma, jadi full untuk dihabiskan saja. Hayo... Kira-kira mau dihabiskan untuk apa? 


Tulisan kali ini edisi berandai-andai ya... Supaya enggak bosan kasih tips melulu kan.... Seandainya saja setiap bulan saya memiliki uang 2 juta rupiah yang bebas saya habiskan, saya akan membelanjakannya untuk lima hal berikut ini:

Nabung investasi

Investasinya dalam bentuk jangka pendek, bisa modalin orang (atau diri sendiri) jualan kue atau nabung buat beli logam mulia atau SUKUK (surat berharga syariah). Berhubung uang setiap bulan hanya 2 juta, jadi enggak cukup kalau langsung dibelikan emas ukuran besar, jadi nabung dulu deh sampai uangmya cukup, hehe. 

Kenapa nabung investasi? Apa bedanya dengan nabung biasa? Tentu saja peruntukannya yang beda. Kalau punya uang, kadang kita hanya fokus membeli barang-barang konsumsi. Padahal dengan kita memiliki aset produktif (yang nilainya semakin bertambah), suatu hari aset tersebut juga akan menghasilkan uang untuk kita. 

Buku
Saya tuh suka banget baca dari kecil. Sebagai orang yang mengklaim diri sebagai penulis, saya juga butuh amunisi agar selalu memiliki ide untuk dikembangkan. Salah satu caranya dengan banyak membaca. Itu kenapa, membeli buku ibarat sebuah investasi untuk saya. 

Saya kalau beli buku entah kenapa enggak pernah merasa rugi. Kadang buku-buku itu sampai menumpuk di rumah. Terus kalau sudah bosan dan enggak dibaca lagi gimana? Kalau saya biasanya mendermakan buku-buku yang sudah enggak saya pakai ke rumah baca. Lemari buku yang penuh pun jadi lapang, semua jadi senang deh! Terus bisa beli buku baru lagi deh! 😆

Traktir Keluarga dan/atau sahabat

Terkadang saya merasa waktu untuk keluarga dan sahabat itu sedikit banget. Rasanya dalam sebulan bisa  kehitung deh berapa kali saya bertemu mereka. Bahkan belum tentu sebulan sekali bertemu. Makanya mentraktir keluarga atau teman jadi pilihan saya untuk tetap bersilaturahmi dengan mereka. Kan pasti pada semangat tuh kalau ditraktir, hehe. Mereka senang, saya pun ikut senang.

Jalan-jalan di dalam kota

Sebagai pendatang baru di Bogor, belum banyak tempat yang saya kunjungi di kota ini. Kalau saya punya uang untuk dihabiskan dalam satu bulan, saya akan mengunjungi minimal satu spot wisata di Bogor setiap bulannya. Kalau sudah khatam kemana? Kita melipir ke Jakarta atau sukabumi saja deh, hehe

Ikut training

Sekarang ini ruang untuk belajar itu luas banget. Untuk ibu-ibu macam saya yang susah mobile, keberadaan training-training online yang menjamur bak anugerah buat saya. Itu kenapa kalau saya punya uang yang bisa saya habiskan setiap bulan, saya akan gunakan untuk mendaftar training. Temanya bisa macam-macam, bisa tentang kepenulisan, wirausaha, crafting dan sebagainya. 

Kadang saya suka aneh sendiri sih... Saat kebanyakan perempuan menghabiskan uangnya untuk hal-hal kecantikan, baju dan sebagainya, uang saya malah habis buat daftar training 😂😂.

Jadi... Begitulah saya menghabiskan uang saya, kalau punya uang 2 juta rupiah setiap bulan. Kalau loh ini... Kan kita lagi berandai, wkwkwkwk. Kalau Moms akan menggunakan uang sebanyak itu tiap bulan untuk apa?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGATASI DERMATITIS ATOPIK PADA ORANG DEWASA

Moms yang punya anak bayi mungkin sudah familiar dengan istilah Dermatitis Atopik atau Eczema. Dermatitis atopik adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan serangan gatal-gatal yang kemudian menyebabkan kulit menjadi kering keabuan dan pecah hingga berdarah. Kondisi dermatitis atopik ini umumnya muncul pada bayi dan menghilang seiring dengan pertambahan usia anak. Tapi, tahukah, Moms, kalau ternyata dermatitis atopik juga dapat menyerang orang dewasa?
Itulah yang terjadi pada saya, riwayat alergi dan asma yang menurun dari si mamah membuat saya menderita penyakit kulit ini.  dermatitis atopik pada orang dewasa biasanya muncul pada rentang usia 20-30an. Awalnya kulit saya biasa saja. Namun, sekitar tahun 2016, muncul beberapa lenting kecil di jari manis yang kemudian menyebar di seluruh tangan kiri. Lenting atau benjol kecil iti biasanya pecah atau mengering sendiri menjadi kulit yang terkelupas. Tak jarang, kulit terkelupas ini juga meninggalkan luka yang sampai berdarah. Jangan ta…

MELATIH INDERA SI KECIL DENGAN SENSORY BOARD

Kalau kemarin buat mainan kardus buat si kakak. Minggu ini, giliran si adik yang saya buatkan mainan. Kali ini saya ingin membuatkan si adik permainan untuk menstimulasi indera. Saya membuat sensory board sederhana dari bahan-bahan bekas. Tahukah Moms permainan sensory memberikan banyak manfaat untuk si kecil? Bermain sensory board bisa memberikan banyak manfaat untuk si kecil, diantaranya: Membantu si kecil memahami lingkungannya.Mendorong kemampuan kognitif dan problem solvingMengembangkan daya kreatifitasMelatih motorik 
Masih banyak manfaat yang bisa diperoleh si kecil dari stimulus indera. Karena indera ibarat pintu gerbang bagi otak si kecil untuk menerima berbagai stimulus dari lingkungannya. Oke, sebelum kita mulai membuat sensory board sederhana, siapkan bahan-bahan dulu yuk Moms! Bahan-bahan:
Kardus bekas Kertas bekas Kain perca (saya menggunakan kain dari celana bekas kakak yang sudah robek) Plastik pembungkus bekas Spidol warna-warni Gunting Lem tembak Rumput sintetis (ata…

LIVING WITH BABY AND TODDLER: MENJAGA KEWARASAN DITENGAH KEREMPONGAN

Hi moms!  Perkenalkan nama saya cempaka. Saya baru saja resmi menjadi ibu beranak dua setelah melahirkan putri kedua saya 1 bulan yang lalu. Saat saya mengetik tulisan ini, saya sedang makan malam sambil menggendong bayi saya yang tertidur. Setelah rempong seharian mengurus rumah, bayi dan batita sekaligus. Siapa yang senasib dengan saya? #ngacung