Langsung ke konten utama

TIPS MEMBACA MENYENANGKAN DAN ASYIK BERSAMA LET'S READ

Tips Membaca Menyenangkan dan Asyik Bersama Let's Read


Ummi, aku mau baca cerita gajah lagi di laptop kecil. 
Aku mau cerita yang pesulap itu, lho, Mi!


Begitu, deh, kalau sudah masuk waktu tidur. Anak-anak saya pasti langsung heboh minta dibacakan cerita. Entah dengan buku fisik atau baca e-book melalui tablet,  mereka tidak bosan-bosan untuk menikmati buku setiap hari. Alhamdulillah... mereka termasuk anak-anak yang gemar banget membaca. Untuk sampai ke titik ini, saya dan suami berusaha keras untuk menciptakan atmosphere gemar membaca di rumah kami. Bukan tanpa alasan saya dan suami berusaha menghadirkan membaca menyenangkan pada anak-anak kami. Kami tahu, membaca itu banyak sekali manfaatnya. Dilansir dari situs Halodoc, paling tidak ada enam manfaat membaca untuk anak, yaitu:

  1. Meningkatkan kemampuan berbahasa. Membaca dapat menambah kosakata anak. Ini membantu mereka untuk mengembangkan kemampuan berbahasa, meski mereka sendiri belum dapat membaca. 
  2. Mengembangkan daya imajinasi. Membaca buku juga mengembangkan daya imajinasi anak. Dengan kisah-kisah yang mereka temukan dari membaca buku, anak seolah-olah dapat melihat dunia dengan mata mereka sendiri.
  3. Melatih daya ingat. Bukan hanya bagi anak, tetapi juga orang dewasa, membaca buku juga dapat melatih daya ingat. Pernah dengar bukan kalau membaca juga bisa mencegah penyakit alzheimer?
  4. Sebagai media memperkenalkan hal-hal baru. Terkadang kita mungkin sulit menjelaskan suatu hal pada anak-anak, nah... melalui buku, orang tua bisa dengan mudah mengenalkan hal baru pada anak. Kami pun sering menggunakan buku untuk mengenalkan konsep yang sulit dibayangkan oleh anak, misalnya konsep tentang Tuhan.
  5. Meningkatkan minat dalam membaca buku. Dalam jurnal psikologi pendidikan Universitas Negeri Semarang disebutkan bahwa minat baca berkorelasi positif terhadap motivasi berprestasi pada anak. Karena membaca adalah pintu gerbang untuk mengenal ilmu, maka anak yang gemar membaca cenderung akan lebih mudah mencetak prestasi terutama di sekolah.
  6. Mempererat hubungan orang tua dan anak. Membaca juga bisa menjadi media untuk menpererat hubungan antara orang tua dan anak. Aktivitas membaca bisa menjadi quality time yang menyenangkan dan seru juga, lho!
Membaca menyenangkan dengan aplikasi Let's Read
Membaca dapat merekatkan hubungan antara orang tua dan anak

MEMBACA MENYENANGKAN BERSAMA LET'S READ 

Kebanyakan orang beranggapan membaca adalah kegiatan yang membosankan dan kurang menyenangkan. Mereka beranggapan demikian, karena mungkin tidak memiliki pengalaman menyenangkan saat membaca. Padahal membaca itu asyik banget, seru dan bisa dinikmati oleh siapa saja. Dari muda sampai tua, membaca menyenangkan buat semua orang. Memang untuk bisa gemar membaca, orang harus terbiasa membaca buku. Itulah mengapa penting banget untuk membiasakan anak membaca sedari kecil. Lalu, bagaimana sih menghadirkan pengalaman membaca menyenangkan buat anak-anak? Tentu saja dengan membuat aktivitas membaca tersebut tidak monoton.

Membaca bisa seasyik nonton televisi, bahkan bisa jadi lebih menyenangkan. Karena membaca memantik daya imajinasi anak. Tidak seperti saat nonton televisi, yang semuanya sudah tervisualisasi secara jelas, membaca memungkinkan anak untuk lebih bebas membayangkan karakter dan setting cerita.

Berikut ini adalah cara-cara yang saya lakukan untuk membuat membaca menyenangkan bagi anak-anak:

Bahan bacaan yang beragam

Agar anak tidak bosan karena membaca buku yang itu-itu saja, sediakan bahan bacaan yang beragam untuk anak Anda. Bagi yang punya kelonggaran anggaran, memperbarui koleksi buku yang dimiliki di rumah bisa dilakukan. Namun, bagaimana kalau dananya terbatas? Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak sekali aplikasi yang menyediakan bahan bacaan berkualitas untuk anak-anak tanpa harus membeli buku fisik. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui playstore di smartphone android Anda. Salah satu aplikasi membaca buku anak yang saya andalkan di rumah adalah aplikasi Let's Read.


Aplikasi Let's Read punya koleksi buku yang sangat beragam. Anda bisa menemukan bermacam genre buku anak dengan berbagai macam bahasa, mulai dari bahasa indonesia, bahasa inggris hingga bahasa daerah. Dengan bermodal kuota internet, Anda bisa memberikan bahan bacaan yang nyaris tidak terbatas untuk anak-anak Anda. Mau punya aplikasi Let's Read? ikuti, yuk, tiga langkah mudah install aplikasi Let's Read di bawah ini!
  1. Buka play store di smartphone Anda.
  2. Cari dengan kata kunci "Let's Read" atau Anda bisa langsung terarah ke aplikasi Let's Read melalui tautan berikut.
  3. Klik "Install" dan tunggu hingga proses unduh selesai!

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video berikut ini:


Mengapa aplikasi Let's Read?

Aplikasi Let's Read

Suasana yang kondusif saat membaca

Bagi saya dan anak-anak, menyediakan waktu khusus untuk membaca itu penting banget. Untuk menghadirkan suasana yang seru dan membaca menyenangkan, kondisi dan waktu harus tepat. Jangan pilih waktu saat kita sedang sibuk sehingga jadi terburu-buru saat membaca. Memilih tempat yang tenang saat membaca juga penting. Agar saat membaca, anak-anak dapat menghayati bacaannya. Kalau perlu sediakan tempat khusus sebagai pojok baca, jadi anak-anak tidak mudah terdistraksi.

Ajak anak untuk memilih buku bacaannya sendiri.

Dalam buku Read Aloud Handbook karya Jim Trelease, saya pernah membaca, melibatkan anak dalam memilih buku bacaannya itu merupakan salah satu proses penting untuk membangun minat baca anak. Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga punya seleranya sendiri. Tidak apa-apa kalau seandainya ia memilih cerita yang itu-itu saja. Biarkan dulu karena berarti cerita tersebut sangat menarik minatnya. Tidak perlu berkomentar, "kok bacanya itu melulu, bosan dong!". Ketika anak menaruh minat pada sebuah cerita adalah saat yang tepat untuk orang tua menghadirkan pengalaman membaca menyenangkan. Meskipun tetap coba tawarkan buku atau cerita lainnya, siapa tahu cerita tersebut juga menarik hatinya.

Mainkan intonasi suara saat membacakan cerita.

Menghadirkan pengalaman membaca menyenangkan untuk anak tentu tidak akan bisa berhasil kalau orang tua hanya sekadar membunyikan kalimat dalam buku. Mainkan intonasi suara saat membacakan cerita untuk anak. Kalau perlu kita ubah-ubah suara sesuai dengan karakter dalam cerita. Berikut ini cara yang biasa saya gunakan dalam membacakan cerita untuk anak-anak:



Dengan begitu, cerita akan terasa lebih hidup. Kalau cara membacanya menyenangkan, membaca buku jadi tidak membosankan, kan?

Fasilitasi rasa ingin tahu anak terhadap cerita yang sedang disampaikan.

Tidak jarang saat dibacakan cerita, anak memotong bertanya karena ingin lebih tahu tentang tokoh atau isi cerita.

Itu kenapa mukanya begitu, Mi?
atau

Kok di atap ada gurita, sih, Mi?

Ketika anak bertanya, tidak apa-apa kita jawab untuk menanggapinya, selama pertanyaannya masih terkait dengan cerita yang disampaikan. Namun, perlu dibatasi juga jika anak terus menerus bertanya, misalnya dengan mengatakan, "Kita lanjutin ceritanya,yuk! Kira-kira apa ya yang terjadi sama Pak Beruang, ya?"

Debrief

Setelah selesai membacakan cerita, saya biasanya bertanya sedikit pada anak-anak tentang cerita yang baru saja disampaikan. Biasanya saya tanyakan kembali apa yang terjadi pada tokoh dalam cerita, misalnya "Tadi Tini tersesat di mana?" atau "Pas Tini tersesat, siapa yang menolong Tini?". Selain membantu anak untuk kembali mengingat cerita yang disampaikan, proses debrief juga membantu menguatkan nilai-nilai yang terkandung di cerita dalam diri anak.

Membuat suasana membaca menyenangkan untuk anak sebetulnya tidak terlalu sulit. Hanya butuh sedikit usaha dari orang tua untuk menunjukan bahwa membaca adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Sebelum mereka nantinya dapat membaca sendiri, kenalkan bahwa membaca buku itu seru. Anak dapat mendapatkan pengalaman berbeda dari membaca buku, bahkan anak dapat melihat dunia melalui buku. Ditambah lagi, kini sudah banyak tersedia buku digital yang bisa diakses dimana saja, sehingga orang tua juga dapat menyediakan buku yang beragam untuk anak tanpa repot.

Semoga bermanfaat, ya, tips barusan. Jadi, sudah siap berpetualang seru bareng ananda bersama buku?

Komentar

  1. Mulai anak belajar baca, Sampai sekarang, aplikasi di hp saya let's read ini tidak saya hapus. Padahal anak juga sudah bisa baca sendiri. Bahan bacaannya banyak jadi bisa saya baca juga sebagai penambah pengetahuan

    BalasHapus
  2. Kapan hari saya baca mengenai aplikasi ini, udah semangat mau install, kok ya lupa.
    Untung baca ini lagi, pengen install ah, anak saya suka baca soalnya :D

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu sekarang ada aplikasi yang bisa menambah minat baca pada anak ya mba. Ini wajib download ya, anak-anak pasti suka :)

    BalasHapus
  4. KAlau Lets read digabung dengan read aloud, hasilnya akan luar biasa ya Mbak. SAya senang bacain anak cerita karena menjadi momen ia benar2 dekat.

    BalasHapus
  5. Lets read ini sangat membantu anak menyukai membaca yaaa
    Jd main anak hape pun jd belajar 😀

    BalasHapus
  6. Tampilan yang colofull seperti ini bisa membuat anak makin suka baca ya.

    BalasHapus
  7. Senang ya ada aplikasi Lets Read, sehingga bacaan untuk anak lebih ragam dan ngga riweuh nyarinya

    Memang tugas kita membuka pintu cakrawala selebar-lebarnya untuk anak-anak

    Agar mereka bisa melangkah maju dengan mantap

    BalasHapus
  8. wah appilkasi yang memang dibutuhkan banget

    BalasHapus
  9. Wah seru ya. Punya stok buku digital. Jadi gak repot menyimpan buku secara fisik. Mudah pula aksesnya.

    Nanti saya coba install ah. Semoga nemu bacaan² yg sesuai dengan kebutuhan kami sekeluarga.

    Makasih info dan ulasannya Mbak.

    BalasHapus
  10. Membca memang memberi banyak manfaat, ya. Seneng deh kalau ada aplikasi bermanfaat begini

    BalasHapus
  11. Waah belum pernah nyobain pakai aplikasi ini...jadi nggak sabar mau download

    BalasHapus
  12. wah bunda bagus sekali intonasinya saat membacakan ceritanya, kalo sprti itu anak-anak akan lebih tertarik dan berimajinasi lewat membaca.. jadi tidak bosan untuk minta dibacakan berulang-ulang.

    BalasHapus
  13. Masih ingat momen membaca dan dijajanin buku sama Abahku, senang sekali saat itu. Sekarang proses membaca bersama lebih dimudahkan dengan adanya aplikasi ini ya 😍

    BalasHapus
  14. Kami di rumahbjuga termasuk pecinta Lets Read nih. Semenjak belajar dari rumah, jadi sering buka lets read. Dan memang seru banget ya mom.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah saya sudah melakukannya sejak anak pertama mbak. Membacakan buku cerita menjelang tidur. Memang efeknya luar biasa ya. Anak2 juga suka memilih buku yang akan di baca. Sekarang ada aplikasi Let's Read bisa menambah koleksi bacaan ini, mudah di akses dan ceritanya juga keren2 ya Mbak.

    BalasHapus
  16. Benar sekali ya mbak, klo pake lets read membaca jadi lebih menyenangkan

    BalasHapus
  17. Saya setuju mbak, soal intonasi suara. Soalnya saya juga begitu. Terbukti bikin suasana lebih fun. Alhamdulillah ya, saya juga tiap hari bacain dari Lets Read

    BalasHapus
  18. Salah satu cara menanamkan cinta membaca juga ya aplikasi ini. Bermanfaat sekali, anak juga lebih hepi dibacakan cerita.

    BalasHapus
  19. Kalau saya masih belum terlalu jago nih bikin intonasi-intonasi begitu kalau bacain buku ke anak. Tapi semoga aja anak-anak saya tetap suka baca buku meski ibunya nggak pintar bikin intonasi. Heu

    BalasHapus
  20. Sama dong mbak cempaka, sakha anakku 5 tahu jg suka baca pake lets read ini apalagi lg ke kuar kota ga bawa buku. Anadalan membaca menyenangkan ya

    BalasHapus
  21. wah, lumayan nih buat referensi belajar si kecil :D

    BalasHapus
  22. Iya, anak-anak suka banget buku yang warnanya menarik dan ceritanya seru...

    BalasHapus
  23. Waah sangat terbantu sekali 😍😍

    Makasih banyak sharingnya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai! Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan tinggalkan komentar untuk saran dan masukan atau jika Moms menyukai tulisan ini. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar yah dan komentar Moms akan dimoderasi untuk kenyamanan pembaca blog ini. Salam! (^,^)

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT ECO ENZYME

Setelah berkomitmen untuk belajar gaya hidup hijau, keluarga kami mulai mengkonversi segala produk yang dapat merusak lingkungan, salah satunya adalah sabun. Setelah berhasil membuat sabun lerak, saya pun penasaran membuat jenis sabun lainnya. Kali ini sedikit lebih ekstrem, saya membuatnya dari sampah organik rumah tangga. Dari sampah bisa jadi bahan pembersih? Masa sih? Bisa saja.  Baca juga:  MENCUCI DENGAN SABUN LERAK Dikembangkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong, eco enzyme atau cairan organik dari olahan sampah organik rumah tangga bisa dibuat sebagai bahan pembersih. Apa itu eco enzyme? Eco enzyme adalah hasil olahan limbah dapur yang difermentasi dengan menggunakan gula. Limbah dapur dapat berupa ampas buah dan sayuran. Gula yang digunakan pun bisa gula apa saja, seperti gula tebu, aren, brown sugar,dll). Saya pribadi belum berani bikin dari ampas dapur yang aneh-aneh. Saya buat dari kulit buah jeruk dan apel. Agar hasil eco enzyme-nya wangi,hehe. Cara membuat eco

MENGATASI DERMATITIS ATOPIK PADA ORANG DEWASA

Moms yang punya anak bayi mungkin sudah familiar dengan istilah Dermatitis Atopik atau Eczema. Dermatitis atopik adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan serangan gatal-gatal yang kemudian menyebabkan kulit menjadi kering keabuan dan pecah hingga berdarah. Kondisi dermatitis atopik ini umumnya muncul pada bayi dan menghilang seiring dengan pertambahan usia anak. Tapi, tahukah, Moms, kalau ternyata dermatitis atopik juga dapat menyerang orang dewasa? Itulah yang terjadi pada saya, riwayat alergi dan asma yang menurun dari si mamah membuat saya menderita penyakit kulit ini.  dermatitis atopik pada orang dewasa biasanya muncul pada rentang usia 20-30an. Awalnya kulit saya biasa saja. Namun, sekitar tahun 2016, muncul beberapa lenting kecil di jari manis yang kemudian menyebar di seluruh tangan kiri. Lenting atau benjol kecil iti biasanya pecah atau mengering sendiri menjadi kulit yang terkelupas. Tak jarang, kulit terkelupas ini juga meninggalkan luka yang sampai berdarah.

MELATIH INDERA SI KECIL DENGAN SENSORY BOARD

Kalau kemarin buat mainan kardus buat si kakak. Minggu ini, giliran si adik yang saya buatkan mainan. Kali ini saya ingin membuatkan si adik permainan untuk menstimulasi indera. Saya membuat sensory board sederhana dari bahan-bahan bekas. Tahukah Moms permainan sensory memberikan banyak manfaat untuk si kecil? Bermain sensory board bisa memberikan banyak manfaat untuk si kecil, diantaranya: Membantu si kecil memahami lingkungannya. Mendorong kemampuan kognitif dan problem solving Mengembangkan daya kreatifitas Melatih motorik  Masih banyak manfaat yang bisa diperoleh si kecil dari stimulus indera. Karena indera ibarat pintu gerbang bagi otak si kecil untuk menerima berbagai stimulus dari lingkungannya. Oke, sebelum kita mulai membuat sensory board sederhana, siapkan bahan-bahan dulu yuk Moms! Bahan-bahan: Kardus bekas Kertas bekas Kain perca (saya menggunakan kain dari celana bekas kakak yang sudah robek) Plastik pembungkus bekas Spidol warna-wa